MENUJU ASA DMB KALURAHAN PETIR

Operator 26 April 2024 10:30:12 WIB

Petir,Sidasamekta//Rabu,24 April 2024 Kalurahan Petir mengikuti jadwal seleksi Desa/Kalurahan Mandiri Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah 13 orang Tim Seleksi dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta hadir di Kalurahan Petir melaksanakan Kunjungan Verifikasi Lapangan dan Penilaian Calon Desa/Kalurahan Mandiri Budaya D.I.Yogyakarta Tahun 2024. Kegiatan kunjungan Tim Verifikasi ini diterima oleh Lurah Petir, bersama Tim yang dibentuk dari unsur Pamong Kalurahan, Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan, serta dari Pengurus Kalurahan Budaya, Desa Wisata, Desa Preneur, dan Desa Prima Kalurahan Petir. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Panewu Rongkop beserta jajaran ForkompimKap Rongkop, dan Ketua Dewan Budaya Kapanewon Rongkop.

Kunjungan Lapangan ini adalah kelanjutan dari proses seleksi Calon Desa/Kalurahan Mandiri Budaya. Dari awal seleksi sejumlah 18 Kalurahan Budaya se- DI.Yogyakarta telah diseleksi administrasi dan diambil 10 (sepuluh) Desa/Kalurahan yang lolos. Selanjutnya 10 Desa ini,  mengikuti penilaian dengan diawali pengisian Borang (penilaian mandiri) dengan melengkapi sejumlah 8 (delapan) aspek serta dibagi dalam 67 item administrasi dengan dikirim melalui link pengisian administrasi borang yang telah ditentukan oleh Pemerintah D.I.Yogyakarta. Selanjutnya Tim melaksanakan kunjungan lapangan pencocokan administrasi borang tersebut dengan realita dalam pengelolaan desa/kalurahan calon Desa/Kalurahan Mandiri Budaya khususnya terkait administrasi.

Peserta Calon Desa/Kalurahan Mandiri  Budaya adalah Desa/Kalurahan yang telah menjadi Desa Budaya, serta telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Provinsi sebagai Desa Wisata, Desa Preneur serta Desa Prima. Sehingga 4 (empat) pilar tersebut yang menjadi syarat Desa/Kalurahan tersebut bisa ditetapkan menjadi Desa/Kalurahan Mandiri Budaya, dan akan mendapatkan dana swakelola dari Dana Keistimewaan setiap tahun sejumlah 1 (satu) Milyar.

Pemerintah Kalurahan beserta masyarakat sangat berharap agar Kalurahan Petir dapat lolos seleksi menjadi Desa/Kalurahan Mandiri Budaya. Sehingga pengembangan potensi di Kalurahan Petir, baik di Bidang Budaya, Wisata, serta UMKM dapat terlaksana dengan lebih cepat, dan akan membawa kemajuan serta peningkatan kesejahteraan Masyarakat Kalurahan Petir di waktu yang akan datang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung