Tradisi Jumat Bersih Potret Guyub Rukun Warga Dadapan

Operator 07 Juni 2024 14:27:18 WIB

Petir,Sidasamekta//5 Juni merupakan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang telah ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1972. Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup diberbagai wilayah di belahan dunia termasuk di Kalurahan Petir tentunya diisi dengan berbagai kegiatan gotong royong dan kerja bakti masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat Kalurahan Petir yang terdiri dari 13 Padukuhan, dengan beraneka ragam sosial budaya, serta adat istiadatnya dalam kehidupan masyarakat senantiasa berkembang semangat kegotong royongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai sosial budaya lokal yang telah mengakar dan berkembang dalam kehidupan masyarakat dengan semboyan “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

Salah satu kegiatan goyong royong masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah Jumat bersih. Kegiatan kerja bakti mingguan ini adalah perwujudan masyarakat yang berdaya dan masih melestarikan tradisi baik dalam rangka menjaga kebersihan dan kebersamaan warga. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertahankan budaya gotong royong dan tradisi tahunan dalam rangka meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong untuk mencapai masyarakat Kalurahan Petir yang adil dan makmur menuju keluarga sehat sejahtera.

Kegiatan jumat bersih dan kerja bakti kebersihan lingkungan bagi warga Kalurahan Petir merupakan kegiatan rutin dan telah menjadi tradisi yang dilaksanakan tanpa terikat dengan adanya Hari Lingkungan Hidup. Hal ini menjadi salah satu modal penting dalam menjaga lingkungan yang bersih menjadikan warga masyarakat yang sehat. Selain kebersihan lingkungan, warga juga harus mulai peduli terhadap keberlangsungan lingkungan hidup. Penyediaan tempat sampah yang terpilah, pemanfaatan limbah/sampah daur ulang harus digalakkan supaya tercipta lingkungan yang sehat dan lestari. Terlebih saat ini di Kalurahan Petir telah dibangun sarana pengolahan sampah oleh Kementerian Lingkungan Hidup yakni TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle). Sarana Prasarana pengelolaan sampah ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan sampah khususnya di kalurahan Petir. Sehingga selain menjaga kebersihan dari sampah, diharapkan dapat dikembangkan potensi untuk memanfaatkan sampah menjadi penghasilan warga untuk membantu perekonomian masyarakat.

Dengan adanya peringatan Hari Lingkungan Hidup diharapkan membuka kesadaran warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dan alam sekitar. Menumbuhkan kesadaran pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah, serta mengurangi penggunaan sampah plastik dalam aktifitas sehari-hari.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung